SD NEGERI 6 AIKMEL

Mari Berbagi Tentang Info Pendidikan Indonesia

MANFAAT JARINGAN KOMPUTER BAGI DUNIA PENDIDIKAN

Sahabat SDN 6 Aikmel........Akses Jaringan komputer memiliki banyak manfaat. Jika dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri maka jaringan komputer lebih unggul. Salah satu manfaat dari jaringan komputer untuk kepentingan bisnis yaitu berguna untuk manggunakan satu alat digunakan secara beramai ramai. Sehingga pengeluaran yang kita bayarkan lebih sedikit. Bukan hanya itu saja, banyak juga manfaat yang lainnya..

Dengan jaringan komputer, banyak pengguna bisa saling share printer tunggal dengan mutu tinggi, ketimbang menggunakan printer mutu rendah di tiap-tiap meja kerja. disamping itu, lisensi perangkat lunak jaringan bisa lebih murah ketimbang lisensi remain solitary terpisah untuk jumlah pengguna sama. jaringan menunjang menjaga information supaya konsisten andal serta state-of-the-art..



sistem penyimpanan information terpusat yang dikelola dengan baik terlalu mungkin banyak pengguna mengaskses information dari beragam lokasi yang berlainan, serta membatasi akses ke information waktu lagi tengah diolah. jaringan menunjang mempercepat sistem share information ( information berbagi ). exchange information pada jaringan senantiasa lebih cepat ketimbang tempat share information yang lain yang bukan hanya jaringan..

jaringan terlalu mungkin aggregate kerja berkomunikasi dengan lebih efektif. surat serta penyampaian pesan elektronik sebagai substansi beberapa besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online serta groupware, di mana seluruhnya menunjang group bekerja lebih produktif..

jaringan menunjang usaha waktu melayani klien mereka dengan lebih efisien. akses jarak-jauh ke information terpusat terlalu mungkin karyawan bisa melayani klien di lapangan serta klien bisa segera berkomunikasi dengan pemasok..
ada empat style jaringan yang umum yang dipakai di antaranya :
·         jaringan workgroup,
·         jaringan lan ( neighborhood )
·         man ( metropolitan range arrange
·         jaringan wan ( wide territory organize )

Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan ( PC arrange) atau sering disebut jaringan merupakan dua buah simpul ( umumnya berupa simpul ) atau lebih ditujukan untuk melakukan pertukaran information atau untuk melakukan bagi pakai perangkat lunak, perangkat keras, dan bahkan berbagai kekuatan pemrosesan.Berikut adalah penjelasa tentang manfaat kegunaan jaringan komputer.

·         Berbagai perangkat keras
Perangkat semacam hardisk, printer, Disc ROM, Drive,dan modem dapat digunakan oleh sejumlah komputer tanpa perlu melepas dan memasang kembali. Peranti cukup dipasang pada sebuah komputer atau dihubungkan pada suatu peralatan khusus dan semua komputer dapat mengaksesnya.

·         Berbagai program atau information
Program atau information dimungkinkan untuk disimpan pada sbuah komputer yang bertindak sebagai server ( yang melayani omputer-komputer yang akan membutuhkan information atau program). Penempatan information pada server juga memberikan keuntungan antara lain menghindari duplikasi information dan ketidakkonsistenan.

·         Mendukung kecepatan berkomunikasi
Dengan adanya dukungan jaringak komputer, komunikasi dapat dilakukanlebih cepat. Pra pemakai komputer dapat mengairim surat elektronik dengan mudah bahkan dapat berckap-cakap secara lansung melalui tulisan ( chating ) ataupun telekonferasi.

·         Memudahkan pengaksesan imformasi
Jaringan komputer memuadahakan pengaksesan informasi. Seseorang dapat bepergian ke mana saja dan tetap bisa mengakses information yang terdapat pada server ketika ia membutuhkannya.Pertumbuhan web salah satu implementasi jaringa yang terbesar didunia, memungkinkan segala imformasi yang ada di dunia dapat dengan mudah didapatkan.

·         Komunikasi
ada sistem jaringan pc sangat mungkin untuk dapat saling berkomunikasi andaikan jaringan pc dilengkapi dengan jaringan web, maka berkomunikasi dapat memakai programming text yang berbentuk on the web, layaknya hurray errand person, gtalk, ebuddy, serta lain sebagainya. akan tetapi bila tidak, maka dapat memakai programming moment emissary yang berbentuk disconnected atau cuma memiliki fungsi di dalam jaringan pc saja, layaknya winchat, net send, serta fominenet. disamping itu dengan jaringan kita dapat bertukar information serta dan information melewati email.

·         Sharing information
apabila andaikan kita perlu mengantar information dengan jumlah besar dari sesuatu pc ke pc lain. apa yang perlu kita jalankan. rata-rata kita dapat memindahkan information tersebut, gunakan media eksternal, umpama, usb streak plate, dvd atau disc dan seterusnya. perihal itu mungkin dikerjakan, akan tetapi mengonsumsi waktu lama serta terlampau tidak efisisien. nah oleh karena ada jaringan pc, kita dapat memindahkan sesuatu information dari pc ke pc dengan cepat serta gampang.

·         Sharing media
tak hanya untuk sharing information, sistem jaringan pc juga sangat mungkin share peralatan penunjang layaknya printer, scanner, serta yang lain. lantas, penyediaan peralatan penunjang tersebut tidak usah cocok dengan jumlah pc yang difungsikan. dengan individualized organization lain, satu printer serta scanner dapat difungsikan untuk lebih dari satu pc sekalian.

·         Brought together security
pemasangan perangkat keamanan pada satu zone untuk mengamankan semua jaringan pc. umpama : firewall ( memiliki fungsi untuk mengfilter/menyeleksi information yang masuk ).

·         Integrasi information
pembagian beban pemrosesan information ke banyak pc lebih gampang. umpama : sistem terdistribusi.

·         Efisiensi waktu serta tenaga
kurangi waktu serta tenaga percuma di dalam pertukaran information serta data yang dapat di jalankan tanpa kita bekerja dengan tenaga punya arti kita tinggal buka saja tablet/komputer kita. umpama : document share by means of jaringan.

·         Kerjasama
sangat mungkin kolaborasi dari banyak orang-orang apalagi hingga di dalam cakupan worldwide ( semua dunia ). umpama : workgroup, komune open source programming ( free/gratissss ).

·         Efisiensi biaya
kurangi keperluan equipment serta programming ( 1 komponen dapat di pakai berbarengan ). umpama : diskless workstation.

·         Peningkatan produktivitas
dengan efisiensi waktu serta tenaga dan terjalinnya kerja sama yang baik dengan information yang terintegrasi maka produktivitas dapat meningkat.

·         Incorporated organization
pengelolaan add up to sistem dari satu territory. umpama : dynamic registry pada windows 2000/2003 server.

·         Hiburan interaktif
( nonton acara television on the web, radio spilling, download film atau lagu, dan seterusnya ).

jadi sesuatu kesenangan tersendiri bila kita punyai jaringan pc di dalam tempat tinggal sendiri. lebih-lebih dengan telah dikembangkannya cell phone yang makin lama banyak bermunculan sepeti I-telephone serta android yang di mana handphone tersebut diperlukan koneksi atau jaringan pc yang cukup untuk membuka information yang kita ingginkan.

·         Efisiensi biaya
kurangi keperluan equipment serta programming.

·         Efisiensi waktu serta tenaga
kurangi waktu serta tenaga percuma di dalam pertukaran information serta data. umpama : record share by means of jaringan.

·         Peningkatan produktivitas
dengan efisiensi waktu serta tenaga dan terjalinnya kerja sama yang baik dengan information yang terintegrasi maka produktivitas dapat meningkat.

·         Membagi sumber daya
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada. Sumber daya tersebut dapat berupa perlengkapan komputer, seperti printer, maupun sumber daya yang berupa information, record file,dan program-program. Dengan adanya jaringan komputer maka sumber daya yang harus disediakan dapat dikurangi.

·         Reliabilitas tinggi
Jaringan komputer memungkinkan kita untuk mengkopykan information ke dua atau tiga komputer, bahkan lebih. Dengan demikian,apa bila salah satu komputer rusak dan information yang disimpan didalamnya hilang,kita masih dapat menggunakan information yang disimpan di komputer lain. Hal ini akan menguntungkan karena kita terhamabat, meskipun ada komputer yang rusak ataupun information yang hilang.

·         Menghemat uang
Dengan menggunakan jaringan,perusahaan dapat menghemat peralatan harus digunakan, misalnya printer. Dengan adanya jaringan komputer, satu buah printer dapat digunakan oleh beberapa orang, sehingga perusahaan tidak perlu membeli printer untuk setiap karyawan. Dengan demikian,jaringan komputer yang dibangun dapat menghemat biaya yang dikeluarkan.

·         Sarana komunikasi
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi. Misalnya, ketika memberikan pengumuman rapat, pemimpin perusahaan tidak perlu mengirim surat kepada seluruh stafnya. Pemimpin perusahaan cukup mengirim undangan jaringan komputer yang ada.

Dengan memakai Jaringan Komputer, kita dapat memakai beberapa perangkat komputer secara beramai ramai, misalnya menggunakan Printer beramai ramai. Juga, dengan Jaringan, information dari satu komputer bisa dengan mudah diakses oleh komputer lain.

Sehingga apabila memanfatkan jaringan komputer untuk kepentingan bisnis, maka Jaringan Komputer dapat membuat bisnis menjadi lebih murah (lebih sedikit perangkat), dan lebih efisien (lebih mudah mengakses information).
Semoga Bermanfaat.

Salam SDN 6 Aikmel
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "MANFAAT JARINGAN KOMPUTER BAGI DUNIA PENDIDIKAN"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By Kuncidunia